tema artikel : kembalikan indonesia ke indonesia

TEMA ARTIKEL : KEMBALIKAN INDONESIA KE INDONESIA

JUDUL : SEMAKIN BERKURANG NYA HUTAN DI NEGARA INDONESIA AKIBAT PENEBANGAN LIAR.

Asslamualaikum wr.wb

Sebelum memulai menulis artikel ini saya selaku penulis ingin mengingat kan kembali kepada siapapun pentingnya hutan di sekitar kita untuk kelangsungan hidup berikut nya .

 Disini saya belajar menulis artikel yang BERjudul: SEMAKIN BERKURANGNYA HUTAN DI INDONESIA AKIBAT PENEBANGAN LIAR . kaitan nya dengan tema ini yaitu KEMBALIKAN INDONESIA KE INDONESIA .

Tidak di pungkiri banyak nya penebangan liar di hutan hutan di Indonesia yang sangat merugikan banyak pihak yang di lakukan berbagai oknum yang tidak bertanggung jawab demi kepentingan pribadi . banyak nya kayu kayu  yang di ekspor ke luar negeri dengan cara illegal sangat merugikan Negara terutama pemasukan Devisa Negara bahkan rugi hingga triliyunan .

Kualitas kayu yang bagus juga baik yang di miliki hutan di berbagai wilayah di Indonesia mengakibatkan berbagai Negara lain melirik kayu Indonesia sebagai bahan baku pembuatan furniture , kertas dan sebagainya .lalu

Kemanakah hutan kami yang dulu rindang ???

Kemanakah hutan kami yang dulu mensejahterakan kami ???

Kami rindu akan kesuburan Negara kami dengan limpahan sumber daya alam nya,

Untuk memjawab petanyaan di atas berikut kutipan dari berbagai sumber yang saya tulis disini

Akibat dari penebangan liar adalah terjadinya kerusakan pada bumi, dengan terjadinya bencana alam seperti : tanah longsor, banjir, erosi (perubahan bentuk batuan, tanah dan lumpur), dan pemanasan global. Oleh karena itu kita sebagai makhluk yang hidup di bumi harus menjaga agar hutan di Indonesia tetap utuh dan makin bertumbuh, bukan malah membuat hutan kita menjadi gundul supaya terbebas dari kerusakan alam yang membuat kita susah dan mendapatkan bencana nantinya. Pemerintah Indonesia sendiri terus berupaya untuk memberantas penebangan liar, akan tetapi program tersebut belum sepenuhnya optimal untuk memberantas penebangan liar yang ada di Negeri tercinta ini. Pemerintah dan warga setempat telah bergotong royong untuk membantu mengusir pembalakan liar yang ada di tiap – tiap wilayah mereka masing – masing agar wilayah tersebut terbebas dari pembalakan liar dan hutan mereka bisa dipertahankan keasliannya. Akibat dari penebangan liar adalah terjadinya kerusakan pada bumi, dengan terjadinya bencana alam seperti : tanah longsor, banjir, erosi (perubahan bentuk batuan, tanah dan lumpur), dan pemanasan global. Oleh karena itu kita sebagai makhluk yang hidup di bumi harus menjaga agar hutan di Indonesia tetap utuh dan makin bertumbuh, bukan malah membuat hutan kita menjadi gundul supaya terbebas dari kerusakan alam yang membuat kita susah dan mendapatkan bencana nantinya. Pemerintah Indonesia sendiri terus berupaya untuk memberantas penebangan liar, akan tetapi program tersebut belum sepenuhnya optimal untuk memberantas penebangan liar yang ada di Negeri tercinta ini. Pemerintah dan warga setempat telah bergotong royong untuk membantu mengusir pembalakan liar yang ada di tiap – tiap wilayah mereka masing – masing agar wilayah tersebut terbebas dari pembalakan liar dan hutan mereka bisa dipertahankan keasliannya.

Contoh kasus berkaitan dengan judul artikel ini :

Satuan Petugas Terpadu Operasi Hutan Lestari II Kepolisian Negara RI yang bertugas di Jakarta menangkap salah satu target cukong yang diduga terlibat dalam penebangan kayu secara liar (illegal logging) di Papua. Tersangka bernama Rudi alias Asoy itu ditangkap di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Sabtu (5/3).

Selanjutnya, Asoy ditahan di Markas Besar Kepolisian Negara RI (Polri) untuk penyidikan lebih lanjut. Kepala Pelaksana Operasi Hutan Lestari II Komisaris Jenderal I Lebang yang sedang berada di posko Operasi Hutan Lestari II di Sorong, Papua, ketika dihubungi melalui telepon selulernya membenarkan hal tersebut.

Lebang mengatakan, penangkapan Asoy itu terkait dengan penangkapan kapal tongkang yang berisi ribuan meter kubik kayu di wilayah perairan Kalimantan Tengah pada saat Operasi Hutan Lestari I. Operasi tersebut digelar pada bulan November sampai Desember 2004.

Operasi Hutan Lestari I mengambil wilayah operasi di Kalimantan, sedangkan Operasi Hutan Lestari II mengambil wilayah operasi di Papua.

Terkait dengan penangkapan kapal tongkang milik Asoy, polisi mengindikasikan bahwa kayu-kayu yang diangkut kapal itu bukan hasil penebangan di wilayah Kalimantan, melainkan hasil penebangan ilegal di Papua.

Atas dasar itu, polisi terus mengembangkan penyidikan untuk mengetahui asal-usul kayu tersebut. Sesuai dengan dokumen yang diperiksa, kayu- kayu itu disebutkan berasal dari Kalimantan untuk diangkut dengan kapal milik Asoy ke Serawak, kemudian akan dikirim ke China, kata Lebang.

Dari contoh kasus di atas kita dapat ambil sedikit hikmah nya yakni jadilah sebagai pencari rezeki yang halal yang tidak merugikan Negara kita sendiri

Oleh karena itu kepada para aparat terkait para pejabat negeri juga kepada masyarakat Indonesia mari bersama sama menjaga hutan kita ini dengan cara reboisasi. Penanaman seribu pohon juga banyak yang lain nya .saya selaku penulis mohon maaf bila terdapat kesalahan dalam penulisan artikel ini dikarenakan saya masih dalam tahap belajar .

Cintailah negeri kita negeri Indonesia stop penebangan liar stop illegal loging

 

 

 

Sumber :http://www.antikorupsi.org/id/content/ditangkap-cukong-illegal-logging

 http://www.news.tridinamika.com/1421/akibat-dari-penebangan-liar

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s