cerpen

 

 

KEIKLASAN SEORANG WANITA

 

Disebuah desa kecil terdapat satu keluarga yang hidup sederhana serba kekurangan namun penuh dengan kebahagiaan dan rasa syukur karna meski mereka kekurangan mereka selalu melewati nya bersama sama yang mebuat mereka selalu merasa berkecukupan  , di rumah itu terdapat 3 orang, dalam 1keluarga. hanya sang anak(Laisa)sang ibu(Sawitri) dan sang ayah(jono)

suatu hari sang ayah pamit pergi bekerja ke kota untuk mencoba merubah nasip keluarga nya,

 keluarga kecilnya pun melepas nya dengan penuh keharuan .

hanya tinggal lah mereka berdua di rumah meskipun kepergian sang ayah meninggalkan begitu banyak kenangan namun mereka yakin sang ayah di sana selalu memegang teguh janjinya, janji yang pernah terucap dari mulut sang ayah bahwa dia akan kembali pulang dengan keadaan sehat juga membawa uang untuk merubah kahidupan ekonomi  mereka di desa.

Sang ayah di kota bekerja sebagai seorang supir angkot keseharian sang ayah hanyalah berusaha mencari nafkah yang halal untuk keluarga nya di desa dan tak pernah lupa sang ayah mengingat janji nya kepada keluarga nya itu

Saat sang ayah berada di kota setelah selesai bekerja sang ayah pulang kerumah kontrakan nya, di jalan di sebuah gang  sempit sang ayah bertemu dengan seorang wanita cantik (santi) yang tengah kesusahan mencari alamat.

(jono) bertanya: “maaf mbaak ada yang bisa saya bantu nampaknya mbak tengah kebingungan”? jawab Santi menjawab:” ya mas saya sedang mencari alamat rumah sodara saya apa mas tau alamat ini”(sambil memberikan alamat itu kepada jono ).

jono :”oh iya mbak saya tau alamat ini mari saya antar“(jono membantu sang wanita itu sampai tekempat tujuan ) jono berkata “ disini mbak alamat yang mbak cari”

Santi :”terimakasih mas sudah mau membantu saya “(sambil menatap dan mengagumi jono “.

jono :” kalau begitu saya pamit pulang dulu mbak “

Santi :”ya terimakasih mas hati hati di jalan “

 

 

Keesokan hari Jono dan Santi kembali bertemu di gang saat mereka pertama kali bertemu

Jono :”eh ketemu lagi, mau kemana mbak ?”

Santi :”saya mau pergi ke pasar mas, mas mau kemana?”

Jono:”saya mau narik angkot mari mbak saya antar “.

Santi :”oh iya mas kalau gitu saya ikut mas sampai pasar”

Di tengah jalan saat Jono mengemudi tiba tiba mobil berhenti sejenak  Jono  turun melihat wanita tua kebingungan yang ingin  menyebrang jalan Jono membantu wanita tua itu untuk menyebrang jalan .

Tak begitu lama sampai lah di tempat tujuan .

Santi pun semakin menaruh simpati yang dalam terhadap jono kebaikan juga ke tampanan nya membuat wanita cantik itu terpesona dan mengagumi nya .  namun sayang nya santi mengidap penyakit kankker darah

Semakin hari semakin sering mereka bertemu dan semakin hari Santi  semakin menyukai Jono  . ahirnya santi berterus terang tentang penyakit nya dan juga perasaan nya terhadap jono  bahwa dia mencintai jono , jono pun berterus terang bahwa dia telah memiliki istri dan anak di kampung yang sangat dia sayangi . santi pun kecewa dan terpuruk atas pernyataan jono dengan kondisi santi yang sakit kankker santi menggungkap kan permohonan nya pada jono agar mau menikahi nya hanya untuk melewati sisa umur nya ,

Sampai suatu saat istri jono(sawitri) dari desa datang bersama anak nya(laisa) mereka pun sampai di rumah kontrakan tempat Jono .  tak lama jono menceritakan semuanya tentang santi kepada istrinya sawitri .

Sawitri menangis sambil berkata:” mas santi inginkan hidup bahagia bersama mu nikahi lah dia aku rela mas menikahi dia”.

Jono:”sawitri aku tidak akan pernah melakukan itu aku mencintai mu :

Sawitri:”mas tapi dia itu punya penyakit kankker, jadilah bagian dari kebahagiaan nya mas”

Jono:”jika itu keputusan mu aku akan menikahi dia  hanya untuk mu dan atas permintaan mu “.

Singkat cerita Tak lama jono dan santi menikah.sawitri menangis melihatpernikahan itu namun sawitri ikhlas menerima santi sebagai istri kedua jono .setelah menikah mereka hidup dalam satu rumah perhatian jono lebih banyak tercurah kepada santi  kecemburuan sawitri terhadap jono hanya bisa dia simpan di dalam hati, dia hanya bisa menangis.

Begitu pula dengan anak mereka laisa ,laisa selalu merasakan perubahan sikap yang ayah nya tunjukan kepada laisa dan ibu nya semenjak ayah nya menikahi santi.namun jono menjelaskan kepada mereka berdua(sawitri dan laisa) bahwa perhatian yang jono berikan karna santi menderita sakit kanker.

Meski sawitri setiap hari hidup dalam kecemburuan sawitri selalu berusaha terlihat ikhlas dan tabah  di depan santi dan jono.

 hingga suatu saat penyakit santi semakin meburuk dia bekata kepada sawitri:”mbak terimakasih telah membagi kebahagiaan mbak dengan saya . saya tau mbak merasakan sakit atas pernikahan saya dengan mas  jono saya minta maaf (sambil menahan kesakitannya)

sawitri:”ya aku sudah ikhlas jangan terlalu banyak berfikir tentang hal ini yang terpenting saat ini adalah kesembuhan mu “.

Santi:”saya tak bisa membalas kebaikan mbak mungkin hanya tuhan yang mampu membalas nya nanti”

(santi tertidur lelap dalam dekapan sawitri namun tidurnya santi adalah kepergiaan nya untuk selamanya )sawitri dan keluarga berduka atas kepergian santi banyak pelajaran hidup yang sawitri dan keluarga nya temui tentang arti keikhlasan juga pengorbanan .

                                                                                                                                       

Semoga apa yang saya tulis sedikt bisa memberikan pelajaran terhadap siapapun yang membacanya mohon maaf bila banyak kesalahan dalam penulisan .

 

Tinggalkan Balasan

