PENGETIAN DAN KONSEP PEMASARAN

PENGERTIAN PEMASARAN

Secara umum pengertian pemasaran adalah:

Pemasaran adalah kegiatan pemasar  untuk menjalankan bisnis (profit atannon profit) Guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa ,menetapakanharga mendistribusikan,sertamempromosikan nya melalui proses pertukanagar memuaskan konsumen dan mencapai tujuanperusahaan.

Unsur pokok dalamkegiatan pemasaran adalah:

  1. Pemasar

Pemasar adalah organisasi perusahaan atau perorangan yang mempunyai tujuan tertentu bagi bagi organisasi maupun pribadinya .

Pemasara dapat merupakan :

  1. Produsen (umumnya berorientasi terhadap keuntungan)
  2. Organisasi (umumnya ber orientasi terhadap keuntungan)
  3. Pemerintah (ber orientasi terhadap kesejahteraan umum)
  4. Barang dan jasa
  5. Pasar

Pasar disini adalah:  konsumen pribadi organisasiperusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yangberwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa)

  1. Proses pertukaran

Proses pertukaran adalah:

Kegiatan dua pihak yang masing masing memerlukansesuatu milik pihak yang lain sebagai usaha untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginanmasing masing.

SISTEM DAN LINGKUNGAN PEMASARAN

Pengertian dan konsep

SISTEM PERTUKARAN

Pertukaran adalah salah satu cara manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan akan produk atau jasa tertentu.

Secara ringkas pertukaran adalah:

  • Melibatakan dua pihak atau lebih
  • Masing masing pihak mampu berkomunikasi
  • Masing masing pihak saling memerlukan karena mempunyai sesuatu yang bernilai bagi yang lain
  • Mempunyai kebebasan untuk saling menerima atau menolak tawaran masing masing

 

SISTEM EKONOMI

Sistem ekonomi adalah :

Struktur atau pola keterkaitan antar pelaku pelaku ekonomi (pemerintah, bisnis swsta,industri,koperasi,pemodal,rakyat) yang saling melakukan transaksi pertukaran barang dan jasa. Tiap tiap negara mempunyai sistem ekonomi yang belum tentu sama dengan negra lain .

SISTEM PEMASARAN

Sistem pemasaran adalah: pola hubungan dari pelaku pelaku kegiatan pemasaran yang  Mempunyai tujuan transaksional tertentu. Salah satu tujuan utama yang hendak di capai adalah tingkat konsumsi masyarakat yang maksimum.

LINGKUNGAN PERUSAHAAN

Yaitu subsistem lingkungan internal dan sub sistem lingkungan eksternal

Lingkungan internal:

Lingkungan internal adalah kegiatan kegiatan internal perusahaan yang dapat dikenalikan. Artinya untuk mencapai tujuan dan menjalankan strategi pemasaran,pemasar mampu melakukan pengendalian atau pengaturan atas operasi kegiatan kegiatan tersebut seperti yang di kendaki perusahaan.

Lingkungan internal bersipat universal melipti keseluruhanfungsi fungsi yang di lakukan oleh setiap bisnis.

Lingkungan eksternal:

Lingkungan eksternal kegiatan pemasaran adalah: pengaruh pengaruh tidak langsung yang berada di luar kekuasaan atau kendali pemasar.

 

Sumber :

Buku seri diktat kuliah Dasar dasar pemasaran /TEGUH BUDIARTO/UNIVERSITAS GUNADARAMA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s